7 Manfaat Sari Kurma Az-Zahra

7 Manfaat Sari Kurma Az-Zahra


Pada saat ini, paparan radikal bebas yang berterbangan di sekitar lingkungan kita menjadi salah satu faktor tertinggi yang dapat menyebabkan datangnya berbagai macam jenis penyakit. Tetapi, datangnya penyakit tersebut dapat dicegah dan tentu bisa diatasi jika kita selalu menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi rutin sari kurma. Perlu Anda ketahui bahwa sudah dari zaman Nabi Muhammad SAW buah kurma sudah terkenal sebagai buah yang mengandung berbagai macam khasiat, khususnya untuk pencegahan dan pengobatan mecam-macam penyakit.

Phoenix Dactylifera adalah nama ilmiah dari buah kurma. Buah kurma memiliki rasa yang sangat manis dan khas, dimana akan sangat cocok jika dijadikan sebagai menu hidangan untuk berbuka puasa di bulan suci ramadan. Kandungan gula yang tinggi di dalam buah kurma yang dapat dicerna langsung oleh tubuh, sehingga akan menyegarkan kembali tubuh yang seharian berpuasa tanpa asupan makanan dan minuman setelah mengkonsumsi kurma.

Buah kurma yang masih dalam keadaan yang segar dan daging buah yang bertekstur lembut dan berserat yang terkandung gula seperti dekstrosa dan fruktosa. Zat-zat gula tersebut akan mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat lebih cepat meningkatkan energi dalam tubuh.

Buah kurma yang sudah matang memiliki kandungan gula yang banyak yaitu sekitar 87%, dengan beberapa kandungan lain seperti zat besi, asam folat, magnesium, mineral, protein dan juga lemak baik. Tak hanya itu saja berikut 7 Manfaat Sari Kurma Az-Zahra yang dapat Anda simak :

1. Sumber Vitamin A

Sari kurma juga termasuk menjadi sumber asupan vitamin A terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini dikenal sebagai zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kedua mata kita.
Dan lagi vitamin A juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi sari kurma tentunya dapat membantu menjaga tubuh dari timbulnya penyakit kanker mulut atau kanker paru-paru.

2. Cegah Kolesterol Jahat

Manfaat yang dimiliki sari kurma ada banyak sekali, salah satunya dapat mencegah kanker usus. Hal tersebut yang disebabkan dalam sari kurma terkandung banyak serat yang dapat mencegah proses penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Dan tak hanya itu saja serat dalam sari kurma juga dapat melindungi bagian selaput lendir di dalam usus dengan meminmalisir paparan serta dapat mengikat bahan kimia yang mengakibatkan kanker usus.

3. Penambah Nafsu Makan Anak

Ternyata sari kurma tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja. Tetapi, begitu juga dengan anak-anak. Dengan mengkonsumsi sari kurma ini, akan dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak dan juga dapat membantu kekebalan tubuh anak dari serangan berbagai macam penyakit.

4. Fast Recovery pada Penyakit DBD

Sudah sering kita dengar bahwa penyakit demam berdarah dengue atau DBD dapat menyerang siapa saja pada usia muda mau pun tua. Pemicu utama penyakit ini adalah sistem imun tubuh seseorang yang menurun dan cenderung memburuk yang penyebabnya adalah sel darah merah yang menurun atau trombosit dalam darah berkurang. Tetapi, dengan adanya sari kurma tentu masalah penyakit DBD akan dapat diatasi sebab sari kurma akan membantu meningkatkan sel darah merah trombosit dalam darah. Dan dengan berangsur penderita DBD akan cepat pulih kembali.

5. Mengatasi Anemia

Sejumlah zat besi yang berada di dalam kandungan sari kurma mampu meningkatkan produksi dari hemoglobin yang berada di dalam tubuh, dengan begitu sari kurma akan membantu mengatasi penyakit anemia ini.

6. Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium, mangan, magnesium, tembaga dan selenium yang terkandung dalam sari kurma sangat baik menjaga kesehatan tulang-tulang. Maka dari itu jika Anda ingin memiliki tulang yang sehat dan kokoh perbanyaklah mengkonsumsi sari kurma.

7. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sari kurma sebab dapat membantu menstabilkan darah sekaligus nutrisi yang dibutuhkan pra dan pasca melahirkan. Di sisi lain, sari kurma mengandung hormon oksitosin guna merangsang agar terjadinya kontraksi pada otot polos bagian dinding rahim ketika akan melahirkan. Maka dari itu sari kurma sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar proses persalinan berjalan dengan lancar.

itulah sekilas pembahasan tentang 7 Manfaat Sari Kurma yang diantaranya baik untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Anda. Sekian dan Terima Kasih,

Comments