Penyebab Dan Gejala Penyakit Darah Tinggi

Pengertian Penyakit Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi merupakan suatu kondisi dimana terjadinya tekanan darah yang terus menerus bertambah tinggi melebihi batas normal yaitu dari angka 140/90 mmHg dan penyakit seperti hipertensi tidak dapat diperkirakan gejalanya sebab penyakit ini disebut sebagai penyakit silent killer, bahkan ada banyak dari mereka para penderita tekanan darah tinggi tetapi tidak menyadarinya, sebab darah tinggi ini muncul tanpa ada gejala fisik sebagai penanda, dimana penyakit ini yang diam-diam merusak jaringan pembuluh darah dan mengakibatkan gangguan kesehatan yang sangat berisiko.

Hipertensi sebetulnya bukan merupakan penyakit yang dapat berdiri sendiri, tetapi sebab adanya kumpulan dari gejala penyakit lain dari dalam tubuh penderita. Hipertensi dapat terjadi akibat penyakit lain seperti jantung atau penyakit ginjal. Kasus pada kondisi hipertensi primer yang diderita oleh kebanyakan orang biasanya didasari oleh faktor genetik dan gaya hidup yang kurang sehat.

penyebab-dan-gejala-hipertensi
Penyebab dan Gejala Hipertensi

Penyebab Penyakit Darah Tinggi

Ada banyak dari beberapa yang menjadi penyebab naiknya darah dalam tubuh. Dimulai dari faktor yang paling mendasar yaitu faktor makanan, usia, tingkatan stres dan juga berat badan yang berlebih. Kita memang tidak dapat menampikan bahwa faktor makanan adalah faktor yang paling penting, dimana semua penyakit berawal dari makanan yang salah kita konsumsi. Sedikit saja kita mengonsumsi makanan yang bisa berdampak fatal pada kesehatan tubuh seperti makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol jahat (LDL) yaitu gorengan atau makanan yang mengandung garam dengan kadar yang tinggi serta makanan cepat saji yang dimana tidak sehat.

Faktor usia pun menjadi pemicu datangnya penyakit hipertensi ini, tetapi penyakit yang menyerang seseorang dimana usianya sudah memasuki angka 60 tahun akan lebih rentan terkena hipertensi maka harus berwaspada dan sering memeriksakan tekanan darahnya. Ada kalanya gejala tersebut dapat muncul pada saat Anda berada pada usia di bawah 60 tahun jika pola hidup dan pola makan Anda kurang sehat dan faktor lainnya yang memicu datangnya hipertensi yaitu, kelelahan serta stres, dimana pada hal tersebut penderita dapat mengalami masalah pada pikirannya sebab sugestinya juga dapat memicu munculya penyakit hipertensi.

Gejala Awal Penyakit Darah Tinggi

Ada sedemikian rupa gejala yang patut diwaspadai, diantaranya gejala tekanan darah tinggi seperti mimisan yaitu keluar darah dari lubang hidung, dimana gejala tersebut dapat diindikasikan adanya kenaikan tekanan darah. Ada baiknya jika Anda sesegera mungkin untuk untuk memeriksakan kadar tekanan darah Anda. Apabila mimisan sudah terjadi, dan sering merasakan sakit kepala, maka gejala selanjutnya yang biasa akan dirasakan juga oleh para penderita hipertensi dari naiknya darah ke saluran di kepala yaitu mengalami mati rasa, dimana para penderita hipertensi mengalami hal ini, yang terjadi pada tangan, kaki dan bahkan mati rasa terjadi pada wajah. Gejala ini muncul karena tekanan darah yang sudah naik pada pembuluh darah ke bagian otak sehingga mengusik sel syaraf pada otak.


Comments