Ini Dia Cara Mengatasi Diare Dengan Cepat !

Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Syifa Herbal AlamiSetiap orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin, bisa mengalami penyakit diare. Ada beberapa penyebab diare. Mulai dari hal yang sangat kecil gaya hidup sederhana hidup sehat hingga tanda dari penyakit serius. Sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan penyakit diare ini. Padahal diare yang diabiarkan tanpa pengobantan yang tepat dapat berlangsung lama dan pada akhirnya berjuang pada komplikasi yang serius. Mengetahui berbagai penyebab diare dapat mengurangi risiko kalian terkena penyakit diare. 

Penyebab Diare.

Penyebab penyakit diare beragam, dari mulai kondidis yang sifatnya sementara hingga tanda kondisi kesehatan kronis. Berikut berbagai penyebab datangnya penyakit diare paling serius. 


1. Infeksi Bakteri.

Beberapa bakteri seperti shigella, salmonella, dan eschia coli dapat menginfeksi tubuh Anda dan menyebabkan diare. Bakteri penyebab penyakit diare datang pada kita biasanya menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi serta kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Jadi kalian bisa terinfeksi bakteri tersebut. Kalian mengkonsumsi makanan yang diolah secara tidak higienis oleh orang yang sedang sakit juga kal bisa menular kepada kalian yang memakan nya. 

2. Infeksi Virus

Beberapa infeksi virus dapat menyebabkan diare muntah muntah misalnya, infeksi rotavirus dan norovirus. Kelompok virus tersebut sangan mudah menular dari satu ketempat yang lainnya sehingga gampang kerkontaminasi oleh kalian. Penggunaan peralatan makan serta mengkonsumsi minuman dan makanan yang terkontaminasi juga bisa menyebabkan kalian terkena virus tersebut. Bahkan, orang yang terinfeksi dan tidak memunculkan gejala apa pun juga dapat terkena virus tersebut.

3. Keracunan Makanan

Diare juga bisa saja akibat kalian mengkonsumsi makanan kedaluwarsa yang telah terkontaminasi oleh bakteri. Salmonella adalah infeksi bakteri yang umum yang dapat menyebabkan diare dan biasanya berkembang setelah kalian mengonsumsi makanan tatau air yang terkontaminasi. 

Dibawah ini cara mengatasi diare dengan mudah!

Diare memang membuat kewalahan, terutama jika aktivitas sedang padat. Namun ada berbagai pengobatan rumah yang bisa membantu kalian mengatasi penyakit diare sekaligus menghindari masalah lainnya yang sering mengikuti, seperti dehidrasi. Dikutip dari mayo clinic dan wbmd, ada beberapa pengobatan rumahan sederhanan dan efektif untuk mengatasi diare yang kalian alami. 

1. Minum banyak cairan bening

Sebaiknya kalian minum banyak cairan bening seperti, air putih, air kaldu dan jus, setiap hari, dan hindari dulu minum alkohol dan kafein. Namun meski harus banyak minum cairan bening, sebaiknya ini kalian lakukan secara bertahap.


Kalian bisa meningkatkan cairan yang kalian minum setidak 1 liter perjam selama 1-2 jam, atau lebih lama lagi jika kalian memiliki penyakit diare dengan jumlah besar, jika kalian memiliki penyakit ginjal, jantung atau hati dan harus membatasi cairan, bicarakan dengan dokter jika sebelum penyakit tersebut parah. 

2. Coba makan makanan semipadat dan rendah serat secara bertahap.

Seiring pegerakan usus yang kembali normal. Kalian sebaiknya memakan makanan semipadat dan rendah serat seperti roti bakar, telur, nasi atau ayam, namun, menambahkan porsi dan asupan sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. 

3. Minum teh manis

Kalian meminum teh hitam manis dengan gula. Air pans bisa membantu menghilangkan rehidrasi dan the mengandung astringen tannin yang membantu mengurangni peradangan usus pada kalian yang terkena penyakit diare.

Comments