Penyebab Kulit Gatal dan Kemerahan

Syifa Herbal AlamiSudah tidak asing lagi dengan jenis penyakit ini, bintik merah pada kulit disertai gatal di area wajah, lengan, dan kaki. Namun, dapat juga terjadi pada badan maupun area tubuh yang lain. Bintik merah yang gatal pada kulit bisa terjadi akibat berbagai faktor, seperti infeksi, panas,alergi, gangguan sistem kekebalan tubuh atau obat-obatan.

Penyebab Kulit Gatal dan Kemerahan



Ada beragam hal yang mungkin menyebabkan seseorang mengalami gatal dan kemerahan pada kulit disertai antara lain :

1. Gigitan Serangga

Gigitan serangga termasuk salah satu penyebab yang paling umum dari titiknya gatel dan kemerahan pada kulit yang disertai gatal. Mulai dari gigitan nyamuk, semut, kutu hewan peliharaan, tungau kasur, hingga laba-laba dapat menimbulkan keluhan ini. Selain ini, selain itu keluhan juga dapat disertai dengan rasa nyeri dan pembengkakan di area gigitan serangga.

2. Dermatitis Kontak

Salah satu penyebab paling umum dari gatal dan kemerahan adalah dermatitis kontak. Dermatitis kontak terjadi akibat kontak langsung dengan suatu zat yang memicu reaksi alergi maupun iritasi. Seperti sabun, kosmetik, parfum, perhiasan, atau tanaman. Cara terbaik mengatasi kondisi ini adalah sedapat mungkin mengenali dan menghindari penyebabnya.

3. Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik umumnya di tandai dengan gejala kulit kering dan gatal. Kondisi ini juga dikenal sebagai eksim. Dermatitis atopik sering kali di alami oleh anak-anak, penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun kemungkinan faktor genetik dan lingkungan yang kurang bersih dapat meningkatkan resiko terjadinya kondisi ini. Gejala dermatitis atopic umunya ditangani dengan habbatussauda, atau obat-obatan lainnya yang di rekomendasikan dokter.

4. Tinea

Tinea disebut juga kurap, yaitu infeksi jamur yang dapat menular dan meyebar atau meluas ke beberapa bagian tubuh, seperti kulit kepala, di bawah payudara, sekitar ketiak, selangkangan, hingga kaki. Tinea ditandai dengan beragam gejala, nulai dari bintik merah pada disrtai gatal, kulit yang tampak bersisik dan menebal, hingga timbulnya luka pada permukaan kulit. Pengobatan infeksi tinea dapat diatasi dengan obat habbatussauda dan terkadang juga membutuhkan obat habbatussauda dalam berbetuk kapsul sesuai rekomendasinya.

5. Scabies

Scabies atau kudis, yaitu kondisi iritasi kulit yang di akibatkan oleh tungau sarcoptes scabies. Gejala umum dari scabies adalah ruam dan rasa gatal yang hebat terutama pada malam hari. Jika ruam atau area yang terus menurus digaruk, dapat menyebabkan luka yang terinfeksi. Pengobatan scabies yaitu dengan menggunakan salep dan obat herbal alami habbatussauda yang di dioleskan maupun yang di minum.

Cara mencegah gatal dan kemerahan

Secara umum, cara mencegah gatal dan kemerahan adalah mengenali apa yang menjadi pemicunya kemudian hindari dan jauhkan. Selain itu, anda di anjurkan untuk menjalani pengobatan sesuai dengan anjuran, demi menghindari keluhan bertambah berat sekaligus mencegah timbul kembali.


Anda juga harus rajin menjaga keberesihan tubuh dan lingkungan sekitar. Berikut ini ada beberapa tips mencegah kulit gatal dan kemerahan antara lain :
  • Gunakan ramuan herbal kulit habbatussauda.
  • Gunakan pelemmbab kulit secara teratur.
  • Kenakan pakaian pelindung atau sarung tangan saat berisiko terpapar peyebab.
  • Mandi secara rutin menggunakan sabun bebas pewangi
  • Lebih berhati-hati saat merawat hewan peliharaan dan tanaman anda, terutama jika anda punya penyakit alergi.
  • Kebersihan hewan peliharaan juga perlu di perhatikan, agar tidak terpapar kotoran, kuman, mapun kutu, yang mungkin dapat memicu keluhan ruam dan gatal-gatal pada kulit.
  • Kurangi steres, karena dapat memperburuk rasa gatal.
Demikianlah penyebab gatal dan kemerahan, apabila anda mengalami gatal dan kemerahan yang sangat parah segera konsultasikan dengan yang ahlinya, dengan ekstrak habbatussauda obat herbal alami ingsa allah penyakit ini lekas sembuh karena habbatussauda obat paling ampuh dan ingsa allah bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Comments