Menjalani Puasa Secara Sehat

Tips Sehat Menjalani Puasa

5
Saat bulan ramadan, semua umat muslim di dunia wajib menjalankan puasa. Dengan menahan lapar dan haus kurang lebih 12 jam, berpuasa dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, tetapi dengan syarat puasanya dilakukan dengan cara yang sehat juga. Berikut adaalh beberapa tips sehat dalam menjalankan ibadah puasa:
1. Pastikan Makan Sahur
Sahur dapat disamakan dengan sarapan jika di hari biasanya. Sahur sangat diperlukan agar tubuh mempunyai asupan dan cairan untuk bertahan selama berpuasa. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta protein agar tidak cepat lapar.
2. Penuhi Kebutuhan Kalori dan Nutrisi
Agar tubuh tetap fit dan bugar selama bulan Ramadan, kebutuhan kalori dan nutrisi dalam tubuh harus terpenuhi. Jika saat hari biasa tubuh memerlukan kalori sebanyak 2000 kkal, sedangkan di bulan puasa tubuh hanya perlu kalori sebanyak 1000-1500 kkal. Jadi pastikan kebutuhan kalori dan nutrisi terpenuhi agar tubuh tetap bugar dan sehat.
3. Penuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh
Kebutuhan cairan yang harus dipenuhi setiap hari adalah 8 gelas. Tidak perlu langsung meminum 8 gelas saat sahur atau berbuka. Memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa dapat dibagi menjadi 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah terawih dan 2 gelas sebelum tidur.
4. Hindari Minuman Yang Bersifat Diuretik
Minuman yang bersifa diuretik adalah minuman yang dapat memicu meningkatnya pembentukan urin. Jadi jika saat sahur terlalu banyak minum minuman diuretik, akan sering buang air kecil, sehingga banyak cairan yang juga akan ikut terbuang sebelum melakukan banyak aktivitas. Minuman yang bersifat diuretik diantaranya teh dan kopi. Tetapi bukan berarti tidak boleh sama sekali, kamu masih bisa mengonsumsi minuman tersebut tetapi minumlah secukupnya dan di saat yang tepat.
5. Olahraga Ringan
Saat berpuasa tubuh tetap membutuhkan aktivitas fisik untuk menjaga stamina. Tidak harus melakukan olahraga berat, cukup joging atau simple exercise lainnya.
6. Istirahat Yang Cukup
Kebanyakan orang memiliki pola tidur yang kurang teratur saat bulan ramadan. Hal ini terjadi karena adanya sahur yang harus dilakukan pada saat dini hari. Cara yang tetap agar jam tidur tetap terpenuhi adalah dengan tidur lebih awal dibanding hari biasa. Sehingga kebutuhan tidur selama 7-8 jam setiap hari tetap terpenuhi.
7. Hindari Minuman Bersoda
Minuman bersoda bersifat asam. Meminum minuman bersoda saat berbuka puasa bukan hanya membuat makin haus, tetapi juga berisiko besar untuk kesehatan. Selain itu, minuman bersoda mengandunng kadar gula yang sangat tinggi, sehingga bukan membuat energi dalam tubuh bertambah, tetapi malah membuat semakin lemas karena kadar gula darah menjadi tinggi.
8. Hindari Makanan Terlalu Asin, Manis Dan Berminyak
Memilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka merupakan salah satu tips sehat menjalani puasa. Hindari makanan yang terlalu asin, manis ataupun berminyak. Makanan yang terlalu manis dan berminyak dapat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk. Konsumsilah makanan atau minuman dengan kadar gula, garam dan minyak yang wajar.
9. Mengonsumsi Sumber Vitamin
Untuk mengembalikan energi saat berpuasa, cobalah mengonsumsi vitamin yang alami, seperti buah dan sayur. Vitamin dapat mengembalikan cairan serta mineral yang terbuang dalam tubuh.
sumber:
- idntimes.com/life/inspiration/rully-bunga/tips-puasa-sehat/full
- tokopedia.com/blog/tips-sehat-menjalankan-puasa/
- idntimes.com/life/inspiration/ernia-karina/tips-cerdas-menjalankan-puasa-saat-cuaca-lagi-panas-panasnya-c1c2/full

Comments