Khasiat Buah Kurma - Syifa Herbal Alami

Buah Kurma & Khasiatnya

Syifa Herbal Alami - Salah satu buah yang akan mendadak semakin terkenal dan pastinya tersedia di setiap supermarket pada saat bulan Ramadhan, apa lagi kalau bukan buah kurma? Di setiap rumah akan berusaha menyajikan buah kurma pada saat sahur dan pastinya pada saat waktu berbuka puasa tiba.

Tetapi, nyatanya banyak di antara kita yang mengonsumsi buah kurma, hanya berdasarkan alasan mengikuti sunnah Rasul, anjuran Nabi, katanya baik untuk tubuh, ada di Al-Quran dan lainnya. Padahal, sebetulnya ada beberapa alasan mengapa buah kurma menjadi salah satu hidangan yang disarankan, baik dari segi agama ataupun kesehatan.

Buah kurma mengandung nutrisi yang sangat banyak, seperti thiamin, niasin, folat dan riboflavin. Sehingga, tidak aneh lagi jika buah kurma sangat amat bermanfaat untuk kesehatan. Buah kurma akan sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, sebab memiliki kandungan hormon sejenis oksitosin. Buah kurma juga dapat membantu mengurangi terjadinya pendarahan pada saat melahirkan. Dan pada masa pasca-melahirkan, sari kuma akan sangat membantu menstabilkan kondisi tubuh dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu melahirkan.

Manfaat Lain Buah Kurma

Buah kurma juga merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa manis yang dapat meregulasi proses pencernaan. Buah kurma dapat meningkatkan energi hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit. American Cancer Society menyarankan kebutuhan asupan serat harian sebanyak 20-15 gram per hari, yang akan terpenuhi dengan mengonsumsi buah kurma.

Mengonsumsi buah kurma juga ternyata dapat menekan risiko kanker usus juga. Tak hanya itu, mengonsumsi 1 buah kurma per harinya diyakini dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda untuk seumur hidup. Sebab, buah kurma dikenal efektif melindungi mata dari rabun senja.

Berikut 5 manfaat lainnya dari buah kurma:


1. Mencegah Terjadinya Konstipasi

Buah kurma mempunyai tingkat serat yang sangat tinggi, sehingga akan bermanfaat bagi kesehatan usus dan melancarkan buang air besar.

2. Baik Untuk Penderita Anemia

Zat besi yang terkandung dalam buah kurma, bermanfaat sebagai suplemen diet sehat untuk para penderita anemia. Buah kurma mampu menyeimbangkan kekurangan zat besi, meningkatkan energi dan tenaga, serta membantu mengatasi rasa lelah dan lesu yang berlebihan.

3. Sumber Energi Tubuh

Tak hanya berguna sebagai sumber serat yang tinggi, buah kurma juga merupakan sumber asupan energi yang efektif. Dengan mengonsumsi 100 gram buah kurma segar saja Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan energi harian Anda hingga 12-15%. Apabila kamu mengonsumsi kurma kering, kandungan antioksidannya akan berkurang. Kurma merupakan sumber energi yang terbilang instant, sehingga sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

4. Sebagai Antioksidan Untuk Tubuh

Buah kurma adalah sumber antioksidan yang sangat bagus. Antioksidan sendiri berguna untuk membantu perlindungan tubuh dari radikal bebas, yang bisa menyebabkan kanker. Secara tidak langsung, mengonsumsi buah kurma juga dapat membantu diri Anda agar terhindar dari risiko berbagai jenis kanker. Berbagai zat fitokimia yang berada pada buah kurma, yaitu polifenol, sterol, tanin dan karoten.

5. Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Buah kurma adalah buah yang kaya akan kandungan kalium, Seperti yang sudah diketahui, salah satu fungsi kalium yaitu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot pada jantung dan mengatur tekanan darah.

Nah kan, sekarang Anda sudah mengetahui mengapa buah kurma dianjurkan, baik dari kacamata agama ataupun dari segi ilmu kesehatan, untuk sahur dan berbuka puasa. Kandungan gizi, serat, vitamin dan mineralnya yang tinggi dapat mengatasi berbagai macam keluhan yang biasanya timbul saat menjalani puasa, seperti anemia, kadar gula darah rendah, kehilangan asupan energi yang cukup dan mungkin konstipasi.

Comments